Tips Menikmati Wisata Pulau Seribu dalam Satu Hari

Tidak semua orang memiliki waktu panjang untuk berlibur, dan banyak yang hanya punya 1-2 hari untuk aktifitas seperti wisata Pulau Seribu. Solusinya adalah wisata satu hari ke Pulau Seribu, paket wisata yang kini populer di kalangan pelancong kota besar yang sangat sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk berlibur. Kepulauan Seribu terdiri dari banyak pulau kecil, banyak di antaranya menyediakan cukup banyak kesempatan melakukan aktifitas menyenangkan.

Tips melakukan wisata Pulau Seribu dalam sehari adalah memilih satu pulau, lalu memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dengan melakukan berbagai aktifitas menyenangkan.

Aktifitas Pilihan Wisata Pulau Seribu dalam Sehari

Jika Anda ingin melakukan wisata sehari, Anda bisa memilih perjalanan ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, lalu maksimalkan masa liburan di sana. Pilihlah pulau yang menawarkan kesempatan untuk melakukan beragam aktifitas. Berikut beberapa contoh aktifitas pilihan jika Anda hanya punya satu hari untuk melakukan perjalanan wisata di Kepulauan Seribu:

  • Wisata Pulau Tidung. Pulau ini bertetangga dengan Pulau Tidung Kecil, dan dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu lebar yang disebut Jembatan Cinta. Pulau ini menawarkan beragam aktifitas wisata Pulau Seribu dalam sehari seperti keliling pulau dengan sepeda sewaan, jalan-jalan dan berenang di pantai, serta snorkeling.
  • Wisata Pulau Pramuka. Pulau Pramuka menawarkan beragam aktifitas seperti snorkeling dan jalan-jalan di pantai, memancing, serta wisata edukasi ke penangkaran hiu dan penyu. Anda juga bisa naik banana boat jika menggunakan jasa travel yang menawarkan fasilitas ini.
  • Wisata Pulau Harapan. Pulau Harapan dikelilingi pantai yang bersih dan terumbu karang yang masih asri, plus pulau-pulau kecil indah. Anda bisa snorkeling, berkeliling pulau naik sepeda, bersantai di pantai, atau berkeliling dengan perahu (island hopping) dan melihat penangkaran penyu serta elang di pulau-pulau di dekatnya.
  • Wisata Pulau Pari. Pulau ini termasuk cocok untuk dijadikan tempat wisata Pulau Seribu sehari jika Anda tidak suka keramaian, karena masih relatif sepi dibandingkan pulau yang lebih populer seperti Pulau Tidung. Pulau Pari menawarkan keindahan laut yang cocok untuk snorkeling. Anda juga bisa menyewa sepeda dan bersepeda keliling pulau, serta bersantai di Pantai Pasir Perawan yang masih bersih dan asri.
    Berbagai pulau di Kepulauan Seribu menawarkan keindahan alam dan kesempatan untuk menjauh dari keruwetan kota, walau hanya sehari.

Tips Wisata Pulau Seribu Sehari

dermaga-pulau-harapanJika Anda hanya punya waktu sehari untuk berlibur, sebaiknya jangan berangkat mendadak, karena bisa jadi Anda tidak akan menemukan kapal yang berangkat ke pulau tujuan Anda. Ketika berlibur, Anda juga harus menyesuaikan waktu liburan dengan waktu kapal kembali ke Pelabuhan Muara Angke di Jakarta, terutama jika Anda tidak bisa bermalam dan tidak ada tempat menginap di pulau tersebut. Anda mungkin juga tak akan mendapat kapal untuk snorkeling, terutama kalau sudah banyak yang menyewa. Kalaupun ada kapal yang bisa disewa untuk berangkat ke pulau serta snorkeling, harganya akan sangat mahal.
Anda disarankan untuk berangkat bersama teman, sehingga bisa berbagi biaya jika ada pengeluaran tambahan untuk wisata sehari. Cara paling aman tentunya menggunakan jasa travel, karena semua sudah diatur dan Anda tinggal membayar. Dengan jasa travel, wisata Pulau Seribu sehari Anda akan lebih berkesan, dan Anda lebih bisa menikmati liburan walau hanya punya waktu sangat singkat.