Pulau Macan, Wisata Pulau Seribu yang Ramah Lingkungan

Salah satu keluhan terhadap pulau-pulau resort di Kepulauan Seribu adalah kondisi laut yang keruh dan suasana hiruk-pikuk, namun Pulau Macan memberi suasana wisata Pulau Seribu yang berbeda dari pulau-pulau resort seperti Ayer, Pantara dan Putri yang penuh fasilitas modern. Pulau Macan memang dimiliki oleh orang asing, namun banyak tenaga pengelolanya adalah orang lokal, terutama yang telah tinggal lama di Kepulauan Seribu. Konsep pengelolaan yang ramah lingkungan membuat panorama di sekitar Pulau Macan cenderung tidak terusik, serta memberi kesempatan untuk melakukan aktifitas seperti snorkeling dan menyelam.

Jika Anda ingin menikmati suasana resort yang praktis dan penuh fasilitas, namun tak ingin kehilangan suasana asri dan keindahan alami pulau resort tersebut, Pulau Macan dapat menjadi pilihan wisata Pulau Seribu Anda. Cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga, bulan madu, atau wisata bersama teman-teman dan orang tercinta.

Wisata Pulau Seribu di Resort Berkonsep Alami

Pulau Macan sengaja dirancang sebagai resort yang suasananya seolah menyatu dengan alam, dan dikelola sebagai tempat liburan yang ramah lingkungan dan berkesinambungan (sustainable). Ketika Anda datang ke Pulau Macan, Anda akan menemukan titik-titik aktifitas yang langsung membuka ke lingkungan luar seperti resort terapung, bar, restoran, dek untuk bersantai, dan sebagainya. Konsep pulau ini pun sengaja dibuat seperti gabungan antara “desa” dan resort ramah lingkungan, dengan bangunan utama berupa clubhouse di tengah-tengah pulau.

Pengelolaan Pulau Macan dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak mencemari lingkungan sekitarnya; kondisi terumbu karang dan kebersihan air laut di sekitar pulau ini masih relatif terjaga. Tidak seperti pulau resort lain di Kepulauan Seribu yang sudah cukup padat sehingga airnya tak bisa menjadi tempat snorkeling, resort Pulau Macan justru menawarkan snorkeling dan menyelam sebagai aktifitas utamanya kala Anda berada di perairan. Pulau ini juga memiliki kebun yang digunakan sebagai sumber bahan makanan untuk restoran.

Dengan gabungan antara konsep resort dan wisata ramah lingkungan ini, tidak heran jika Pulau Macan menjadi salah satu tujuan wisata Pulau Seribu yang memiliki nilai eksklusif.

Fasilitas dan Aktifitas Wisata Pulau Macan

pulau-macan-kepulauan-seribu (7)Resort Pulau Macan terdiri dari dua bagian: pulau utama yang menjadi pusat fasilitas, serta sebuah pulau terpencil (Deserted Island) yang berukuran lebih kecil dan berlokasi sekitar 200 meter ke arah barat dari Pulau Macan. Pulau kecil ini sengaja tidak disentuh atau dikembangkan; fasilitas yang ada hanya gubuk untuk santai, toilet alami, dan pusat pengumpulan sampah yang secara teratur dikosongkan agar pulau tetap bersih. Pulau terpencil ini memiliki pasir putih bersih, air yang jernih, dan terumbu karang yang menjadi tempat ideal untuk snorkeling.

Pulau utama resort ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang membuatnya populer sebagai tempat wisata Pulau Seribu, yaitu:
• Club House. Ini adalah bangunan utama dan pusat aktifitas di Pulau Macan. Bangunan ini menampung kantor, resepsionis, dapur, perpustakaan mini, restoran, tempat menonton film, ruang staf, meja bilyar, dan teras terbuka. Walaupun merupakan pusat aktifitas, bangunan ini tetap bernuansa tropis-tradisional.
• Main Hut. Ini adalah bangunan yang menjadi pusat hiburan bagi pengunjung. Tempat ini adalah lokasi Bamboo Bar serta dek untuk berjemur, dan dibangun dengan konsep ruang terbuka dengan gaya tropis-tradisional. Dek berjemurnya menghadap laut sehingga cocok sebagai tempat bersantai.
• Equipment Hut and Store. Ini adalah pusat penyewaan perlengkapan snorkeling dan menyelam, toko, serta pusat oleh-oleh.
Semua fasilitas ini mendukung aktifitas wisata Pulau Seribu di Pulau Macan, baik yang dilakukan di darat maupun di air. Snorkeling dan menyelam menjadi aktifitas air populer, namun ada juga kano dan perahu yang bisa disewa untuk berkeliling pulau atau mendayung menuju ke pulau terpencil. Selain terumbu karang, ada beberapa sisa-sisa kapal karam di sekitar pulau yang menarik untuk dijelajahi.

Untuk aktiftas darat, resort Pulau Macan menyediakan berbagai fasilitas seperti bola pantai, permainan anak, perlengkapan voli pantai, dan sebagainya. Anda juga bisa memesan minuman dari Bamboo Bar atau restoran dan duduk di dek berjemur atau memasang ayunan (hammock) untuk bersantai sambil memandang laut. Wisata Pulau Seribu di Pulau Macan menawarkan fasilitas dan aktifitas resort serta pemandangan alami, sesuatu yang jarang ditemui di pulau resort lainnya di Kepulauan Seribu.

Menu Hidangan Sehat dan Kebun Pulau Macan

pulau-macan-kepulauan-seribu (3)Salah satu keistimewaan Pulau Maca adalah kebun serta pola memasak serba sehat. Kebun Pulau Macan dikelola oleh staf lokal yang memahami jenis-jenis tanaman bahan makanan, bumbu dan obat-obatan (apotek hidup), yang menjadi bagian dari menu makanan dan minuman di restoran Pulau Macan. Kebun di pulau ini dibuat dengan kompos yang diolah dari sampah organik, sehingga tidak hanya tumbuh subur, namun juga mendukung konsep ramah lingkungan yang diterapkan resort ini. Jenis tanaman di kebun ini antara lain adalah cabai, singkong, terung, ginseng, dan lidah buaya.

Wisata Pulau Seribu di Pulau Macan juga membuat Anda menjalani hari dengan lebih sehat, karena restoran Pulau Macan memasak makanan sehat. Koki resort ini menerapkan resep tanpa MSG, dengan banyak pilihan menu untuk vegetarian. Jika Anda seorang vegan (tidak mengonsumsi produk hewan jenis apapun) atau memiliki alergi jenis tertentu, pastikan menghubungi sebelumnya agar staf bisa menyiapkan menu khusus.

Pulau Macan juga menawarkan berbagai jenis minuman sehat seperti jus buah, susu dan sari jahe di samping menu minuman biasa seperti teh, air kelapa, minuman beralkohol, dan kopi. Pulau ini juga memiliki cadangan air minum cukup banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehausan selama menghabiskan waktu dan beraktifitas di pulau ini. Wisata Pulau Seribu di Pulau Macan adalah kegiatan yang akan membuat Anda senang dan juga sehat.

Tips Wisata Pulau Seribu di Pulau Macan

Pulau Macan tidak sulit untuk dicapai dari Jakarta. Dermaga Marina Ancol menjadwalkan kapal cepat untuk berangkat ke Pulau Macan pada pukul 10 pagi, dengan waktu perjalanan selama sekitar 2 jam. Untuk kembali ke Jakarta, Anda naik kapal cepat dari dermaga Pulau Macan sekitar pukul 2 siang. Akan tetapi, kapal cepat bukan satu-satunya moda transportasi untuk mencapai Pulau Macan dalam wisata Pulau Seribu Anda.

Jika Anda ingin berpetualang dalam perjalanan, pihak resort dapat menyediakan kapal layar untuk pergi ke Jakarta. Perjalanan dengan kapal layar memakan waktu sekitar 8 jam, namun Anda akan merasakan sensasi petualangan yang lebih kental. Jangan lupa untuk mengabarkan setiap kebutuhan khusus Anda saat melakukan reservasi, mulai dari moda transportasi yang diinginkan hingga kebutuhan makanan vegan atau yang tidak mengandung alergen. Karena akses ke Pulau Macan memerlukan perjalanan minimal selama 2 jam, setiap perubahan mendadak atau permintaan atau konfirmasi tidak disarankan.
Pulau Macan adalah tujuan wisata Pulau Seribu yang akan membuat Anda merasa seperti di pulau terpencil, walau dengan fasilitas resort yang lengkap.