Informasi wisata di kota jakarta

Tempat wisata di Jakarta bisa jadi area dimana banyak dicari orang. Seperti pusat usaha sekalian pemerintahan, masyarakat Jakarta tentu punya resiko lebih cepat jenuh. Menyebabkan kebutuhan akan tempat rekreasi buat semua keluarga menjadi penting.

Tempat Wisata Kota Jakarta

untuk itu disini bagi kamu yang bingung mencari area wisata Jakarta inilah rekomendasinya

Ocean Ecopark Ancol

Ocean Ecopark Ancol menganjurkan eco-learning serta eco- rekreasi dimana memberikan edutainment dengan konsep eco-friendly lifestyle yang dilengkapi beragam sarana untuk keperluan pendidikan terhadap lingkungan. Dilengkapi hanya luas lahan seluas thirty-three, 6 hektare, Ocean Ecopark disebut-sebut dapat dipergunakan selaku paru-paru alam kota Jakarta. Ocean Ecopark Ancol dalam diresmikan akhir 2010 tersebut terbagi dalam 4 cuestión yaitu: Eco Energy, Eco Care, Eco Nature kemudian Eco Art. Di daerah ini juga tersedia lahan yang luas untuk anak-anak dapat merasa seperti peternak asli. Mereka dapat \ sekaligus belajar. Di area Feeding Animal terdapat kandang ternak kambing, kandang ternak kelinci,, seperti ternak bebek dan lain-lain. Area terkait adalah area rekreasi Jakarta yang cocok untuk market rekreasi sekeluarga.

Museum Bahari

Museum Bahari merupakan museum yang memiliki koleksi berhubungan oleh kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke yang berada di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum merupakan salah satu dari delapan public yang ada dalam pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 30 Museum Keramik: Museum Seni Rupa serta Keramik berlokasi di Jalan Pos Kota No only two, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Public yang persisnya terletak in seberang Museum Sejarah Jakarta itu memamerkan keramik nasional dari beragam wilayah pada Tanah Air, dari vulgo Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari beragam pelosok di dunia. Museum tersebut bisa menjadi tempat rekreasi Jakarta penambah wawasan sejarah.

Masjid Jami Angke Al Anwar

Masjid Angke populer akan nama Al Anwar. Berlokasi di Alur Tubagus Angke RT 01 RW 05, Kampung Rawa Bebek, Kel. Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Runtutan sejarah bernilai ikut meramaikan pertumbuhan masjid yang berlokasi dalam lingkungan perumahan warga ini. Di sebelah depan masjid Angke, terdapat sejumlah makam tokoh-tokoh penting. Di antara tokoh penting itu adalah makam Sultan Syech Syarif Hamid Alqadri dari pontianak, makam Syeh Djafar, dan makam Pangeran Tubagus Angke.

Candra Naya

Candra Naya yaitu sebuah tempat dekat Kota Tua Jakarta dimana dipenuhi dengan gedung zaman Hindia Belanda akan arsitektur bersejarah.

Atmosfear

Tempat wisata Jakarta yang satu ini terletak di mal fX Sudirman di Jakarta. Anak-anak dengan tinggi minimum 130 centimeter dapat mencoba keberanian mereka dengan menumpangi dry-slider atau perosotan indoor berbentuk terowongan transparan berkelok-kelok yang diberi sebutan Armosfear. Wahana Atmosfear diproduksi dan dirancang di Jerman dengan biaya sekitar US. 1 . 500. 000. Music hiburan ini adalah Interior slide pertama di Asia yang berbahan stainless steel yang menutupi polikarbonat berbentuk silinder. Mulai di f7 (lantai 7) dan berakhir in f3 (lantai 3), Atmostfear mempunyai ketinggian ± twenty meter dan panjang forty six meter tercatat dapat menyediakan kecepatan tempuh dengan ketika kurang lebih 6 detik.

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya adalah anak Perusahaan PT Sentul City Tbk , dimana didirikan pada tahun 94 dalam manajemen PT. Gunung Geulis Elok Abadi. Berada di kawasan Sentul Area memiliki luas area 6th ha dan dikelilingi spectacle 4 Gunung ( Geulis, Pancar, Gede, Salak) selanjutnya 1 Bukit (Hambalang) dan memberikan penawaran 4 base wisata Adventure Center, Lifestyle Center, Green Center, Service Center membuat Taman Budaya Sebagai tempat wisata Jakarta “One Stop Tourism and Entertainment Experiences”. Taman Budaya berkomitmen selalu memperbaharui program wisata dengan mengedepankan pelestarian nilai-nilai seni budaya \Dalam negri khususnya Jawa Barat.

Pasar Ikan Muara Angke

Muara Angke adalah pelabuhan kapal ikan / nelayan di Jakarta. Muara Angke juga dilengkapi penunjang kebutuhan nelayan seperti pelelangan ikan (struktur dan fasilitasnya) selain kebiasaan sebuah agenct yang dijalankan seorang syahbandar. Sekalipun dikenal masyarakat umum Jakarta sebagai kampung nelayan, tempat pelelangan dan pelabuhan ikan serta tempat makan ikan bakar, tapi Muara Angke menyimpan potensi lainnya. Di lokasi ini, ada Suaka Margasatwa Muara Angke, wilayah hutan bakau seluas 25, 02 hektare dimana ditinggali setidaknya dari ninety spesies burung. Muara Angke bagian dari hutan bakau terakhir yang tena ada di provinsi DKI Jakarta. Kawasan hutan Angke-Kapuk yang mencakup Hutan Lindung, Suaka Margasatwa Muara Angke dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk adalah hutan bakau yang tersisa dimana dapat dilihat di Jakarta. Area hutan ini keseluruhan sekitar 170, 60 haya. Nah, Muara Angke bukan sekedar pasar ikan zona berburu seafood saja tapi juga bisa jadi zona wisata Jakarta bukan?

Gereja Sion

Gereja Sion atau Portugeesche Buitenkerk atau Gereja Portugis terletak di sudut Jalan Pangeran Jayakarta dan Mangga Dua Raya. Gedung gereja tersebut memperlihatkan kemegahan arsitektur serta ketahanan bagunan yang kokoh. Gereja ini adalah gedung tertua di Jakarta dalam tetap dipakai untuk manfaat awal seperti saat semula dibangun. Rumah ibadah indonesia tetap memiliki sejumlah banyak perabot yang sama pula. Gereja ini sempat dipugar pada 1920 dan dalam 1978. Gedung gereja ini dilindungi oleh pemerintah melangkaui SK Gubernur DKI Jakarta
CB/11/1/12/1972.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti termasuk sebuah museum cagar budaya sisa masa kolonial Belanda yang terletak di Alur Tanah Abang No . just one, Jakarta Pusat. Museum tersebut menyimpan koleksi prasasti nisan kuno serta replika minuscule makam khas dari provinsi di Indonesia, termasuk koleksi kereta jenazah antik. Adult ed dengan luas 1, 3 ha ini adalah museum terbuka yang memamerkan karya seni dari masa setelah itu atas kecanggihan para pemahat, pematung, kaligrafer dan sastrawan yang menjadi satu.

Greenpark skatepark

Untuk komunitas ‘penyuka’ skateboard, pasti tidak asing lagi dengan nama Green Park. Di sini. merupakan sebuah nama yang dikenal sebagai area \ papan seluncur ini, nyata saja setiap harinya kerap diramaikan para skater. Tak lain tujuannya kalau tidak merupakan untuk meningkatkan kemampuan serta teknik dalam bermain skateboard. Green Park berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, lokasi pastinya berdekatan oleh Teater IMAX Keong Emas. Sesuai dengan namanya, Alternative Park (taman hijau) dihiasi dengan bermacam-macam pepohonan dimana dibiarkan tumbuh di segala sisi tempat bermain skateboard. Dalam mencari suasana rekreasi baru, GreenPark bisa jadi tujuan tempat wisata Jakarta yang menghibur.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan ialah sebuah kebun binatang dimana berlokasi di daerah
Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia.Kebun binatang dengan luas a hundred and forty hektar ini di bangun pada tahun 1864. Dalam dalamnya, terdapat beragam koleksi yang mencakup 295 spesies dan 4040 spesimen. Ragunan pernah ditutup selama minim lebih tiga minggu telah 19 September 2005 akibat hewan-hewan peliharaannya ada dalam terinfeksi flu burung, lalu dibuka kembali pada 11 Oktober. Kebun binatang ini merupakan salah satu kawasan wisata Jakarta yang pada pengunjung di musim libur.

Kidzania

Kidzania merupakan tempat pusat rekreasi dengan konsep edutainment dalam sangat menarik bagi anak-anak usia 2-16 tahun beserta orang tua nya. Kidzania didirikan secara spesifik seperti replika sebuah kota dimana sebenarnya, disesuaikan dalam ukuran anak-anak, komplit dengan bagunan, jalan raya, ritel pun beragam kendaran yang lalu-lalang di seluruh kota. Bangunan-bangunan yang ditampilkan merupakan bangunan yang lazim ada pada sebuah kota, seperti Vila Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan lain. Ingin mengajak anak kemudian keluarga ke tempat liburan Jakarta yang bisa melangsungkan dan santai? Kidzania dapat jadi tujuan yang palei untuk itu.

Museum Bank Indonesia:

Yaitu suatu museum di Jakarta bertempat di Jl. Pintu Besar Utara No . 3, Jakarta Barat (depan stasiun Beos Kota), dengan menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota sebagai obrar budaya peninggalan De Javasche Bank dengan gaya bangunan aliran neo-klasikal, berpadu hanya pengaruh lokal, dan dibangun pertama kali pada tahun 1828. Museum ini mengasihkan informasi sumbangsih Bank Dalam negri dalam rangkaian sejarah bangsa yang telah dimulai sejak sebelum datangnya bangsa barat di Nusantara sampai berdirinya Bank Indonesia pada tahun 1953 beserta kebijakan-kebijakan Lender Indonesia, dan juga pertimbangan dan akibat kebijakan Loan company Indonesia pada masyarakat besar sampai dengan tahun july 2004. Penyampaian informasi dikemas sedemikian rupa dengan memadukan teknologi modern dan multi music, seperti panel statik, present elektronik, diorama dan televisi plasma sehingga memberikan kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Museum Bank Indonesia. Selain itu terdapat koleksi benda bersejarah dan fakta kejadian pada masa sebelum berdirinya Bank Indonesia, misalnya di dalam masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain seperti koleksi uang numismatik yang disajikan juga via menarik. Wisatawan juga boleh mendapat sensasi berbeda dengan berkunjung waktu malam. Pasti saja suasana malam dapat memberi pengalaman berbeda dibandingkan kunjungan siang hari. Museum ini tentu bisa jadi tempat wisata Jakarta dalam menyenangkan bersama teman / keluarga.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid penjuru Republik Indonesia yang bertempat di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Pendirian masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Dalam negri saat itu, Ir. Soekarno di mana pemasangan batu pertama, sebagai simbol dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal diaplikasikan oleh Ir. Soekarno di dalam tanggal 24 Agustus 1951. Frederich Silaban merupakan arsitek Masjid Istiqlal. Masjid terkait mengusung gaya arsitektur contemporary dengan lantai dan dinding berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Gedung utama masjid dimahkotai sebuah kubah besar akan diameter 45 meter dan ditopang 12 tiang berukuran besar. Menara tunggal akan tinggi total 96, 66 meter menjulang di pojok selatan selasar masjid. Masjid ini kapasitas jemaah lebih dari dua ratus ribu orang
.

Gereja Katedral Jakarta

mampu di sebut Santa Nancy Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming adalah sebuah gereja in Jakarta Pusat. Bangunan gereja ini diresmikan pada 1901 dan didirikan dengan gaya arsitektur neo-gotik Eropa, yakni sebuah arsitektur yang sederhana digunakan untuk mmendirikan gedung gereja beberapa abad yang lalu. Gereja saat ini dipersiapkan dan dimulai oleh Prelado Antonius Dijkmans dan peletakan simbolis batu pertamanya diaplikasikan oleh Provicaris Carolus Wenneker. Pembangunan ini selanjutnya dikerjakan oleh Cuypers-Hulswit ketika Dijkmans tidak lagi mengerjakannya, lalu kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta. Katedral yang dikenal sekarang sebenarnya bukanlah bangunan gereja yang asli di tempat itu, karena Katedral yang asli diresmikan di dalam Februari 1810, tetapi pada 27 Juli 1826 bangunan Gereja itu terbakar berbarengan dengan 180 rumah masyarakat di sekitarnya. Lalu pada tanggal 31 Mei 1890, Gereja itu pun akan ambruk. Pemandangan arsitektur gereja ini bisa jadi zona wisata Jakarta yang menarik sekaligus menambah wawasan perkembagan agama dan kebudayaan dalam Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan sebuah daerah taman wisata dengan tema budaya Negara sendiri bertempat Jakarta Timur. Taman ini merupakan ringkasan kebudayaan bangsa Indonesia, yang meliputi beragam aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di provinsi \ yang disajikan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional. Selain itu TMII juga memunculkan aneka tarian, busana serta tradisi daerah. Di tengah-tengah TMII terletak sebuah danau yang menggambarkan replika small kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai art gallery, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, beragam sarana kesenangan ini menempatkan TMIII yang merupakan salah satu tempat wisata Jakarta paling padat traffic di musim libur sekolah.

Kepulauan Seribu

Wilayahnya mencakup gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Di derah ini terdapat pula salahsatu daerah konservasi berbentuk taman nasional laut yang dinamakan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai tempat yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan in dalamnya juga bertempat daerah konservasi, maka tidaklah aneh jika pembangunan wilayah kabupaten ini lebih dititikberatkan di pemberdayaan budidaya laut selanjutnya pariwisata.pulau seribu menjadi tempat wisata yang populer saat ini sebagai lokasi wisata bahari dengan keindahan yang luar bisa banyak akan pulau yang berada ditempat tersebut menjadikan wisata andalan jakarta selalu digemari wisatawan di setiap akhir

Lihat ajuga info tempat wisata pulau seribu seperti pulau tidung, pulau pari dan pulau pramuka

Taman Impian Jaya Ancol

Merupakan sebuah tempat tujuan liburan di Jakarta Utara. Taman Impian Jaya Ancol adalah komunitas modern kehidupan masyarakat sebagai simbol kebanggaan bangsa. Berusaha membangun lingkungan sosial yang lebih baik melalui pasaran hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan wawasan, dalam usaha mewujudkan komunitas ‘Life Re-Creation’.

Waterborn Jakarta

Zona rekreasi alam terbuka yang sangat menyenangkan bagi keluarga. Namun tempat wisata ini akan penuh sesak saat musim liburan. Jika kita berminat, pastikan anda mempunyai jadwal yang tepat supaya kunjungan ke tempat rekreasi Jakarta ini tidak mengecewakan akibat penuhnya pengunjung.

Gereja Immanuel Awalnya ialah gereja yang didirikan atas dasar perjanjian antara umat Reformasi dan Umat Lutheran di Batavia. Pembangunannya dimulai tahun 1834 hanya mengikuti hasil rancangan T. H. Horst. Pada per day Agustus 1835, batu terutama diletakkan. Empat tahun lalu, pengerjaan gedung berhasil diselesaikan. Bertepatan dengan itu gedung ini diresmikan menjadi gereja dalam rangka menghormati Rajadura Willem I, raja Belanda pada periode 1813-1840 karenanya di gedung gereja ada nama WILLEMSKERK. Bagian hadapan gereja mengarah ke Stasiun Gambir.

Museum Layangan Jakarta

Museum Layang-layang Indonesia adalah sebuah museum yang dikelola swasta dengan koleksi layang-layang dari berbagai wilayah di Indonesia. Museum Layang-layang Indonesia ini berada di Jl H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, yang dapat didatangi melalui Jalan Fatmawati. Menurut kabar wisawatan tidak bisa seenaknya mengambil gambar layang-layang yang dipamerkan. Jadi pastikan anda menanyakan soal ini ke petugas yang ada saat berkunjung. Bagi pecinta laying-layang, tentu tidak boleh kelupaan akan tempat wisata Jakarta yang satu ini.

Museum Wayang

Public Wayang merupakan sebuah public yang berada di Jalan Pintu Besar Utara No 27, Jakarta Barat. Gedung yang terlihat menarik selanjutnya unik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Untuk awalnya gedung ini dinamakan De Oude Hollandsche Kerk (“Gereja Lama Belanda”) dan didirikan pertamakali pada 1 tahun 1640. Tahun 1732 direnoovasi dan berganti nama Dom Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 karena hancur gara-gara gempa bumi di 1 tahun yang sama. Di zona tanah bekas puing-puing inilah didirikan gedung museum wayang dan telah diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada tough luck Agustus 1975. Museum Wayang menampilkan berbagai bentuk dan jenis wayang dari semua Indonesia, baik yang terbuat dari kulit dan kayu ataupun bahan-bahan lain. Wayang-wayang dari negara lain pula dipamerkan, misalnya dari Republik Rakyat Cina dan Kamboja. Tercatat Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4. 000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Lewat umum boneka yang jadi koleksi di museum ini adalah boneka-boneka dari Eropa sekalipun ada juga dimana berasal dari negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Pecinta wayang tentu dapat memperluas wawasan dengan berkunjung ke tempat wisata Jakarta yang satu ini. Berkunjung dapat menikmati pagelaran wayang yang diselenggarakan secara periodik pada minggu 2 serta ke 3 setiap bulannya. 12 Teater JKT48: Teater JKT48 merupakan teater eksklusif untuk pergelaran JKT48 dan grup-grup saudarinya. Teater indonesia bertempat di lantai several mal fX Lifestyle X’nter Jakarta. Pembukaan teater indonesia terlaksana pada 8 October 2012 dengan pertunjukkan setlist “Pajama Drive”.

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebih diketahui dengan sebutan Monas maupun Tugu Monas merupakan monumen peringatan setinggi 132 inmiscuirse (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan kemudian perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pendirian monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 61 di bawah pemerintahan presiden Sukarno, dan dibuka untuk masyarakat umum pada tgl 12 Juli 1975. Puncak tugu dilengkapi lidah api yang dilapisi lembaran emas sebagai lambang semangat perjuangan yang terus berkobar. Monumen Nasional bertempat tepat pada tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas yaitu salah satu tempat rekreasi favorit masyarakat dan terbuka setiap hari mulai pukul 08. 00 – 18. 00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir tiap bulannya ditutup untuk publik.

Giggle Fun Factory

Zona bermain dengan konsep just one stopping edutainment dalam Chuckle & The Fun Factory. Zona permainan dimana anak tidak sekedar bisa bermain-main, tetapi juga bersenang-senang sekaligus melatih kreativitas. Untuk bermain sepuasnya di Giggle & The Fun Factory pengunjung harus melunasi tiket Rp 95. 000 untuk non member, Rp 85. 000 untuk member dan Rp 20. 000 untuk pendamping per masyarakat. Tempat wisata Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk rekreasi bersama buah hati tercinta
.

Museum Purna Bhakti Pertiwi

Museum Purna Bhakti Pertiwi (MPBP) adalah Museum yang didirikan oleh Yayasan Purna Bhakti Pertiwi atas prakarsa Ibu Tien Soeharto. Museum dimana bertempat di Jl. Taman Mini I, Jakarta 13560 ini memiliki koleksi cenderamata dan benda-benda yang bersangkut-paut dengan perjalanan tugas Presiden Republik Indonesia Ke-2, HM Soeharto.

Seaworld Indonesia

Seaworld Indonesia yaitu sebuah replika mini pesona laut yang terdapat di arena wisata pertama di dalam Telaga Golf dan kedua terpadu Ancol Jakarta Baycity. Wilayah Seaworld sekitar 3 hektar dengan luas bangunan utama 4. 500 m2 berisi beragam akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, museum, terapi ikan dokter, glow theatre, pc edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies di Seaworld dan bermacam layanan pelengkap untuk wisatawan misalnya tempat makan, toko suvenir, dan ruang serba demi. Seaworld merupakan tempat liburan Jakarta favorit tidak semata-mata untuk warga dalam kota bahka dari negara tetangga pun senang berkunjung ke sini.

Museum Tekstil

Bangunannya sendiri pada awalnya ialah sebuah rumah pribadi adalah warga negara Perancis dimana dibangun pada abad ke-19. Lalu dibeli oleh konsul Turki bernama Abdul Azis Almussawi Al Katiri dimana tinggal dan menetap in Indonesia. Selanjutnya tahun 1942 dijual ke Dr . Karel Christian Cruq. Di pueblo perjuangan kemerdekaan Indonesia, bangunan ini pernah menjadi markas Barisan Keamanan Rakyat (BKR) dan tahun 1947 dihuni oleh Lie Sion Pin. Pada tahun 1952 dibeli oleh Departemen Sosial kemudian pada tanggal 25 Oktober 1975 serahterimakan kepada Pemda DKI Jakarta dan kelak pada tanggal 28 Juni 1976 diresmikan penggunaannya selaku Museum Tekstil
.

Stadion Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia selanjutnya merupakan bagian dari kawasan olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Selain menjadi area diadakannya acara olahraga atau acara penting yang memerlukan kapasitas besar penonton area ini merupakan tempat wisata Jakarta untuk tujuan sports yang ideal khususnya dalam pagi hari atau sore hari
.

Kota Tua Jakarta

Lingkungan wisata Jakarta ini dan dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), merupakan sebuah kawasan mini di Jakarta. Daerah special ini memiliki luas wilayah 1, 3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara lalu Jakarta Barat (yaitu tempat Pinangsia, Taman Sari selanjutnya Roa Malaka). Diberi julukan “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” di prior ke-16 oleh pelayar Europe, Jakarta Lama disebut yang merupakan pusat perdagangan di daerah Asia karena lokasinya dalam strategis dan kaya sumber daya.

Museum Arsip Nasional

Memorial Arsip Nasional berlokasi dalam Jl Gajah Mada Absolutely no 111, Jakarta Barat. Di mulanya gedung ini ialah rumah mantan Gubernur Jenderal VOC, Reiner de Klerk yang dibangun pada prelado ke 18. Departemen Pertambangan Hindia Belanda menduduki gedung ini sampai 1925. Setelahnya, bangunan ini digunakan yang merupakan “gedung arsip” dimana sesudah Indonesia merdeka menjadi Gedung Arsip Nasional. Dan saat ini menjadi Museum Arsip Nasional.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Sunda Kelapa merupakan nama pelabuhan dan tempat sekitarnya dalam Jakarta. Pelabuhan ini berlokasi di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sekalipun saat ini Sunda Kelapa hanya nama salah satu pelabuhan di Jakarta, wilayah ini sangat krusial karena desa di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa merupakan cikal-bakal kota Jakarta yang ulang tahunnya ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1527. Waktu ini Kalapa, nama aslinya, ialah pelabuhan kerajaan Pajajaran dalam beribukota di Pakuan (saat ini kota Bogor) dimana berhasil direbut oleh pasukan Demak dan Cirebon. Walaupun hari jadi kota Jakarta baru diresmikan pada rector ke-16, sejarah Sunda Kelapa telah dimulai jauh bertambah awal, yaitu pada age pendahulu Pajajaran, yaitu kerajaan Tarumanagara. Kerajaan Tarumanagara pula pernah mengalami serangan kemudian penaklukan oleh kerajaan Sriwijaya dari Sumatera. Saat ini Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan area wisata Jakarta yang \ kalah seru apalagi untuk objek pemotretan.

Stasiun Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dikenal juga sebagai Stasiun Beos merupakan stasiun kereta api terbesar di Negara sendiri dengan usia tua pada Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta. Stasiun ini termasuk satu dari sedikit stasiun di Indonesia dengan model terminus (perjalanan akhir), dimana tidak memiliki jalur lanjutan. Eksistentsinya saat ini diperbincangkan akibat rencana renovasi untuk penambahan area komersial. Padahal, stasiun ini telah diresmikan menjadi cagar budaya, karena selain bangunannya kuno, stasiun tersebut memiliki keunikan sebagai stasiun tujuan terakhir perjalanan. Seolah-olah halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut dalam Surabaya yang merupakan remover budaya. Tidak sedikit pengguna kereta api membuat Stasiun Kota sebagai tempat wisata Jakarta untuk sekedar jalan-jalan dan melihat suasana.

Taman Suropati

Taman Suropati (pada mulanya bernama Burgemeester Bisschopplein) merupakan sebutan sebuah taman di Jakarta. Pada mulanya nama taman ini diabadikan dari status Walikota (Burgemeester) Batavia terutama kali G. J. Bisshop (1916-1920). Taman ini ialah pusat kawasan Menteng, berada persis di antara pertemuan tiga jalan utama merupakan Menteng Boulevard (Jl. Teuku Umar), Orange Boulevard (Jl. Diponegoro) dan Nassau Blvd (Jl. Imam Bonjol). Pada awalnya berbentuk bukit, kemudian dirombak dan sebagian tanahnya dipindahkan ke Jl. Besuki. Area lapangan mulai ditanami pohon dan bunga sejak 1920. Lapangan yang kali ini disebut Taman Suropati di sini. sejak tahun 1920 telah menggantikan lapangan bundar dalam luas di Rencana Moojen. Taman Suropati yang sejuk, mulai beberapa tahun yang lalu dilengkapi dengan objek-objek patung karya pematung untuk seluruh negara ASEAN. Taman ini adalah salah 1 pilihan favorit warga bagi tempat wisata Jakarta Pusat di hari libur bagi sekedar bersantai dan berolah raga
.

Gedung Fatahilah

Public Fatahillah yang dikenal yang merupakan Museum Sejarah Jakarta / Museum Batavia merupakan salahsatu museum yang berlokasi pada Jalan Taman Fatahillah No . 2, Jakarta Barat melalui luas lebih dari 1 . 600 meter persegi. Bangunan terkait dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang didirikan pada 1 tahun 1707-1710 melalui perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Gedung itu mirip dengan Istana Dam di Amsterdam, terdapat ruangan utama dilengkapi dua sayap di bagian timur dan barat ikut gedung sanding yang dipakai sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini ditetapkan sebagai Museum Fatahillah.

Chinatown Jakarta (Glodok)

Glodok merupakan salah satu sebelah dari kota lama Jakarta. Sejak era pemerintahan Hindia Belanda, wilayah ini juga populer sebagai Pecinan terbesar di Batavia. Sejumlah tinggi warga Glodok adalah keturunan Tionghoa. Sekarang Glodok kerap sebagai salah satu pusat penjualan elektronik di Jakarta, Indonesia. Secara administratif, otoritas ini adalah Kelurahan dimana termasuk dalam daerah kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Ini adalah tempat liburan Jakarta bagi pencari barang elektronik.

Museum Satria Mandala

Public Satria Mandala merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang berlokasi dalam Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Museum yang ditetapkan dalam tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto tersebut mulanya adalah tempat tinggal dari salah satu bini mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno. Di dalam museum ini dapat di jumpai bermacam-macam koleksi peralatan perang di Indonesia, dari pueblo lalu sampai modern contohnya koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam sampai helikopter dan pesawat terbang (satu diantaranya merupakan pesawat Cureng yang pernah dikemudikan dari Marsekal Udara Agustinus Adi Sucipto). Selain itu public ini juga mememiliki beraneka ragam benda bersejarah yang bersinggungan dengan TNI seperti beraneka senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan simbol/lambing di lingkungan TNI. Kemudian di museum terkait dipamerkan juga tandu dalam dipakai untuk menandu Panglima Besar Jenderal Soedirman masa beliau bergerilya dengan suasana sakit di tahun1940-an. Bagi pelajar atau penikmat sejarah, museum ini merupakan tempat wisata Jakarta yang wajib dikunjungi.

Museum Mandiri

Memorial ini berlokasi di Jl. Lapangan Stasiun No . one, Jakarta Barat. Museum terkait juga merupakan salah 1 bagian dari cagar budaya Kota Tua di Jakarta. Di bangun pada tgl 2 Oktober 1998. Adult ed dengan area seluas 12. 039 m2 ini dalam mulanya adalah bangunan Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan korporasi dagang kepunyaan Belanda yang selanjutnya berkembang menjadi korporasi perbankan. Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi tahun 1960 beralih, berganti, bersalinbertukar menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Selanujutnya bersamaan dengan berdirinya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) untuk 31 Desember 1968, bangunan tersebut pun beralih fungsi menjadi kantor pusat Standard bank Export import (Bank Exim), sampai akhirnya legal merger Bank Exim bersama Loan provider Dagang Negara (BDN), Loan company Bumi Daya (BBD) kemudian Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) menjadi Bank Mandiri (1999), oleh karena itu gedung tersebut seperti asset Bank Mandiri.